Tips Membangun Kolam Ikan Di Dalam Rumah

March 20 2018

Memiliki rumah yang nyaman serta desainnya indah tentu saja menjadi dambaan semua orang. Salah satu cara menambah rumah lebih terkesan nyaman dan sejuk adalah adanya kolam ikan. Ada kolam ikan di dalam maupun di luar rumah yang bisa anda pilih. Di sini ada tips membangun kolam ikan di dalam rumah yang bisa anda ketahui di sini.

 

Tips Membangun Kolam Ikan yang Bisa Anda Ketahui

Kolam ikan di rumah tentu saja akan membuat suasana rumah semakin asri dan sejuk lagi. Banyak desain-desain kolam ikan yang unik untuk rumah anda dan bisa membuat rumah menjadi lebih indah lagi. Di bawah ini ada beberapa tips membangun kolam ikan utamanya di dalam rumah yang bisa anda ketahui.

 

  1. Menentukan bentuk

Tips yang pertama dan merupakan hal terpenting adalah menentukan bentuk. Anda wajib memilih serta menentukan bentuk kolam ikan yang akan dibangun di dalam rumah. Ada bentuk persegi, oval dan bundar.

perhatikan bentuk kolam ikan

Yang paling terpenting di sini adalah bentuknya sesuai dengan space yang anda sediakan. Jangan sampai anda ingin bentuk bundar tetapi space tersebut tidak memadai. Jika dipaksakan tentu saja nanti hasilnya tidak bagus.

 

  1. Menentukan ukuran

Bila anda sudah menentukan bentuk kolam ikan yang akan dibangun, maka langkah selanjutnya adalah menentukan ukuran. Ukuran kolam itu bisa dibilang juga hal terpenting dalam membangun kolam ikan apalagi di dalam rumah. Jika ingin bentuk bundar, maka sesuaikan saja ukurannya dengan ruangan yang dikhususkan untuk kolam ikan tersebut.

 

  1. Mempersiapkan bahan

Langkah ketiga yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan bahan untuk membangun kolam ikan di dalam rumah. Bahan yang harus dipersiapkan antara lain adalah semen, pasir dan batu alam apabila ingin kolam ikan lebih terlihat indah dan alami.

Melakukan Perawatan Kolam Ikan di Dalam Rumah

Apabila anda sudah membangun kolam ikan di dalam rumah, jangan hanya dibiarkan begitu saja tanpa perawatan. Merawat kolam ikan itu merupakan hal wajib terlebih lagi kolam ikan tersebut berada di dalam rumah. Jika jarang dibersihkan atau dirawat maka kolam tersebut malah menjadi sarang nyamuk.

merawat kolam ikan

Bila kolam ikan malah banyak diteluri oleh nyamuk maka nanti dikhawatirkan timbulnya penyakit seperti demam berdarah. Lalu bagaimana cara merawat kolam ikan yang ada di dalam rumah itu?

 

  1. Rutin mengurasnya

Salah satu langkah perawatan kolam ikan di dalam rumah adalah rutin mengurasnya. Menguras kolam ikan itu tidak perlu seminggu sekali, misalnya anda bisa mengurasnya sebulan sekali.

menguras kolam ikan

Hal ini bertujuan untuk menghilangkan air keruh pada kolam. Menguras kolam juga bisa membuat kolam lebih sehat tidak dipakai bertelur nyamuk.

 

  1. Membersihkan kolam

Perawatan kolam ikan selanjutnya adalah membersihkan kolam. Ketika anda selesai menguras kolam, maka anda bisa membersihkannya seperti menyikatnya supaya lumut-lumut bisa hilang. Berkurangnya lumut bisa membuat kolam ikan tampak bersih dan jernih.

Memiliki kolam ikan di dalam rumah itu sangatlah menyenangkan. Anda juga bisa menghiasinya dengan air mancur supaya bisa menambah kesejukan di dalam rumah. Suara gemercik air sendiri bisa membuat rileks, tetapi anda harus selalu merawat dan membersihkan kolam ikan di dalam rumah.

Jika tidak nanti kolam ikan akan berbau amis dan banyak dipakai bertelur nyamuk. Dengan memperhatikan tips membangun kolam ikan di dalam rumah di sini semoga bisa bermanfaat untuk anda.

 

Share this post

Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:

Comment on this post